Bar plot

Baru-baru ini sedang ramai tentang seseorang yang disebut profesor dan membuat komentar kontroversial tentang obat COVID-19. Nah, salah satu pak dosen yang cukup terkenal di jagat Twitter pun mengeluarkan cuitan ini.

Kalau menurut pengakuan beliau sih ini tidak ada hubungannya sama video yang lagi ramai diperbincangkan itu.

Nah, pos kali ini bertujuan untuk mengapresiasi salah satu situs yang disebut beliau dan mungkin belum familiar di kalangan non-akademik: SINTA.

Intinya, SINTA itu semacam situs untuk mengindeks penelitian dari dosen-dosen atau ilmuwan yang ada di Indonesia. Kita juga bisa melihat pembagian publikasi (makalah atau jurnal) berdasarkan kampusnya. Jadi bisa terlihat kampus mana yang paling produktif dari tahun ke tahun seperti grafik di bawah ini.

Line plot

Terlihat bahwa jumlah publikasi yang terindeks Scopus dari penelitian di Indonesia semakin bertambah dari tahun ke tahun, pertumbuhannya bahkan boleh jadi di atas linear! Publikasi dari UI, contohnya, bisa eksponensial1!

Exponential growth

Saya mau mengapresiasi situs ini karena halaman utamanya langsung menunjukkan grafik-grafik ini. Secara desain juga situs dan grafiknya sudah sangat bersih. Kalau lah ada sedikit yang bisa diperbaiki, paling hanya kode warna yang bisa disesuaikan dengan warna dari masing-masing kampus, meski memang ada kampus-kampus dengan warna senada. Juga ada donut chart yang sepertinya bisa digantikan dengan yang lain - tapi ini sudah cukup banyak dibahas di pos-pos sebelumnya.

  1. Tentu saja tidak benar-benar eksponensial. Kalau eksponensial, kita bisa dengan mudah mengalahkan negara lain dalam beberapa tahun ke depan.