Paket!

Di masa pandemi ini, berapa banyak dari kalian frekuensi menerima paketnya jadi meningkat? Grafik di atas mungkin sudah tidak terlalu relevan sekarang, karena bisa jadi permintaan kargo jadi jauh lebih banyak daripada estimasi. Pun grafik di atas hanya mengestimasi sampai 2019 saja. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita lihat di sini.

Pertama, perhatikan sumbu y-nya. Kenaikannya tidak konsisten meski jaraknya sama. Dari 10, 40, 60, lalu 80. Selisihnya kan jadi 30, 20, dan 20. Kenapa ya kira-kira dibuat seperti ini?

Masalah lainnya, elemennya terlalu banyak di grafik tersebut. Rasanya jadi sesak dan bingung untuk menaruh fokus. Seperti prinsip yang dicontohkan di sini, harusnya kita mengurangi beban visual di grafik tersebut. Grafik di bawah adalah percobaan saya untuk memperbaiki gambarnya.

Perhatikan bahwa ada beberapa poin yang menarik jika dibandingkan dengan infografik aslinya:

  1. Peningkatan panjang batangnya tidak seperti pada infografik asli. Apa ya tujuannya?
  2. Saya tidak mengerti dari mana didapatkan angka persentase di infografik asli. Apa yang mau ditunjukkan? Karena kalau dibuat selisih dari tahun ke tahun, kok beda ya?
  3. Saya membuang pencapaian sementara. Ini bisa diperdebatkan, tapi menurut saya menambahkan pencapaian sementara dengan bar plot juga membuat sumbu x-nya tidak konsisten.
  4. Dengan grafik baru, lebih terlihat bahwa per dua tahun ada peningkatan sekitar 10% dari total kargo. Kenapa ya?